BERKUNJUNG KE PONDOK PESANTREN MA'ARIF AS SA'ADIYAH NU PAYAKUMBUH

Rabu, 31 Juli 2019 H - 28 Dzulkaidah 1440 H


Pondok Pesantren Maarif Assaadiyah
Payakumbuh - HN, Untuk memperkaya wawasan di bidang pendidikan keagamaan khususnya pesantren, pada Rabu (31/7) HN (Hawaaliy News) berkunjung ke salah satu Pondok Pesantren NU (Nahdlatul 'Ulama) Sumatera Barat yang berlokasi di Payakumbuh, yaitu Pondok Pesantren Ma'arif As-Sa'adiyah Batu Nan Limo, nagari Koto Tangah Simalanggang kecamatan Payakumbuh, kabupaten Limapuluh Kota

Ketika sampai di gerbang Pesantren, terdengar suara Pimpinan Pesantren H. Sudirman Syair sedang memberi arahan kepada santri-santrinya pada acara apel pagi. Sekitar tiga ratusan santri dari kelas satu sampai enam berbaris di halaman pesantren mengikuti apel pagi sebelum masuk ke dalam lokal. Setelah mendapat pengarahan, motivasi dan beberapa informasi lalu semua santri masuk ke dalam kelas masing-masing. Sampai pukul 10.00 Wib. aktifitas belajar mengajar di istirahatkan.

Kemudian pukul 10.30 Wib. PBM dilanjutkan lagi sampai Zuhur. Kemudian Shalat berjama'ah, makan dan kembali lagi belajar sampai Ashar. Setelah shalat 'Ashar berjama'ah santri-santi bebas beraktifitas. Sebelum Magrib santri mandi dan makan dulu, kemudian shalat Magrib di Mushalla, mengulang pelajaran, shalat Isya, belajar lagi kemudian istirahat tidur, tahajjud, shalat subuh, mandi, makan, berangkat lagi ke Kelas. Santri disini tidak dibenarkan memasak sendiri, ditakutkan akan melalaikan belajar, kurang aman dan menambah ruang untuk memasak. Demikianlah seterusnya aktifitas santri setiap harinya. Sekali seminggu diadakan acara Muhaddarah di Mushalla, kadang-kadang diadakan pula acara nonton bareng film-film motivasi. Sekali 15 hari santri dibolehkan pulang kampung. Demikianlah aktifitas rutin sehari-hari santri-santri di PP Ma'arif As-Sa'adiyah ini.

Diantara mata pelajaran yang diajarkan di PP Ma'arif Assa'adiyah ini adalah; Tahfizhil Qur'an, Tahasin, Tafsir, Hadis, Ilmu Nahwu, Sharaf, Tashrif, I'rab, Fiqih, Mantiq, Balaghah, Ilmu Hadist, Ilmu Tafsir, Tashauf, Tarekh, Bahasa Arab, Aswaja, Tauhid, Ushul Fiqh, praktek ibadah, ritorika dakwah, Akidah Akhlak, IPS, IPA, MTK, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, ekonomi Akuntansi, PKN, Sosiologi, Sejarah, Rebana Burdah dan Ilmu Bela Diri Karate.

PP Ma'arif Assa'adiyah terfokus pada satu lokasi saja. Gedungnya terletak di sebidang tanah seluas 1 hektar. Di sana terdapat Mushalla, Asrama Putra, Asrama Putri, Lokal belajar, kantor, ruangan majelis guru, MCK, Perpustakaan, kantin dan rumah pimpinan pondok bersama keluarganya.


PP Ma'arif As Sa'adiyah berlokasi di jorong Batu Nan Limo. Bila datang dari Bukittinggi, sampai di Ngalau Payakumbuh ambil jalan ke kiri simpang Bypass terus ke Simpang Parik kemudian belok ke kiri terus ke Simpang Bungo Sitangkai ambil jalan ke kanan terus ke Simpang Ampang Godang belok ke kanan, sampai di simpang empat masjid Jihad Batu Nan Limo ambil jalan kanan. 500 m dari simpang itu akan terlihat gerbang Ma'arif As-Sa'adiyah di sebelah kiri jalan. Bila datang dari Pakanbaru sesampai di Tanjung Pati ambillah jalan ke kanan di Simpang Empat Politani terus ke Pulutan kemudian Lubuak Batingkok terus ke Batu Nan Limo. Namun bila terasa susah, maka bukalah aplikasi googlemaps di Smartphone anda, tulis di kotak pencarian "Pondok Pesantren Ma'arif As-Sa'adiyah" atau klik disini.


H. Sudirman Syair
Pimpinan PP Ma'arif As-Sa'adiyah H. Sudirman Syair, Dt. Samulo Nan Balapiah kepada awak media menerangkan bahwa "Pesantren ini dinaungi oleh LP Ma'arif NU. Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (LP Ma'arif NU) merupakan aparat departentasi Nahdlatul Ulama (NU) yang berfungsi sebagai pelaksana kebijakan-kebijakan pendidikan Nahdlatul Ulama, yang ada di tingkat Pengurus Besar, Pengurus Wilayah, Pengurus Cabang, dan Pengurus Majelis Wakil Cabang. Sedangkan untuk tingkat wilayah Sumatera Barat ketuanya adalah beliau sendiri. Di Sumatera Barat banyak sekolah dan pesantren yang bernaung dibawah LP Ma'arif NU, namun yang menuliskan kata "Ma'arif" pada namanya hanya ada dua pesantren yaitu PP Ma'arif Assa'adiyah Batu Nan Limo dan PP Ma'arif Koto Silayan Bukittinggi.

Megia Putri, S.Pd

Kepala MTs PP Maarif Assaadiyah Megia Putri, S.Pd. saat ditemui di lokasi kepada media ini menyampaikan bahwa; "PP Ma'arif As-Sa'adiyah berdiri pada tanggal 15 Juli 1995 yang bernaung dibawah Yayasan Pendidikan Islam As-Sa'adiyah. Pesantren ini didirikan oleh H. Sudirman Syair, BA, Dt. Samulo Nan Balapiah. Ketika itu beliau adalah seorang PNS di lingkungan Kemendikbud yang sebelumnya mendapat pendidikan di MTI Koto Panjang."

"Sekarang Pondok kita sedang menyiapkan diri untuk penilaian akreditasi Madrasah tingkat Tsanawiyah. Sebelumnya PP Ma'arif As-Sa'adiyah tingkat MTs dan Aliyah sudah terakreditasi "C". Mulai tanggal 15 Juli yang lalu sampai bulan Oktober mendatang BAN (Badan Akreditasi Nasional) Propinsi Sumatera Barat sedang melakukan penilaian terhadap 130 Sekolah dan Madrasah dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA di kabupaten Limapuluh Kota. Kita belum tahu entah kapan dikunjungi tim penilai, pokoknya dalam rentang waktu 2 bulan ini lah." kata ibu  Megia Putri.

Ditkutip dari buku laporan Instrumen EDM (Evaluasi Diri Madrasah) MTsS As-Sa'adiyah tahun 2019/2020 Tim Pengembang Madrasah (TPM) MTsS As-Sa'adiyah berusaha sekuat tenaga untuk menerapkan 8 standar Nasional Pendidikan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Diantaranya adalah; standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiyaan dan standar penilaian. - Fitra Yadi - HN
--------------------------
Lihat selengkapnya profil PP Ma'arif As Sa'adiyah, klik disini

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama